Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) tentang “Pelayanan Kerohanian Di RSUD Kuala Kapuas” bersama Muhammad Shaleh, S.Pdi

Pada hari Kamis, 17 Januari 2019 Pukul 09.00 WIB, Kegiatan Rutin PKMRS (Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit), bertempat di Ruang Tunggu Poliklinik Rawat Jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh Muhammad Shaleh, S.Pdi, beserta Tim PKRS dengan Materi Penyuluhan tentang “Pelayanan Kerohanian Di RSUD Kuala Kapuas”.

M. Shaleh, S.Pdi

M. Shaleh menjelaskan pelayanan kerohanian pasien di RSUD dr. H. Soemarno Sosroadmodjo adalah kegiatan bimbingan dan pemulihan rohani kepada pasien di rumah sakit sebagai bentuk upaya kepedulian kepada mereka yang sedang mendapat ujian dari Tuhan YME.

Fungsi kerohanian merupakan upaya pemenuhan kebutuhan biologi, psycologi, sosiologi dan spiritual yang kompehensif karena pada dasarnya setiap diri manuasia terdapat kebutuhan dasar spiritual.

Ruang lingkup pelayanan kerohanian bagi pasien di RSUD Soemarno sosroadmodjo Meliputi:

  1. Pelayanan bimbingan rohani yang bisa dilaksanakan oleh RSUD Soemarno S adalah untuk islam, kristen dan katolik.
  2. Untuk pelayanan bimbingan rohani selain agama islam, kristen dan katolik maka perawat ruangan akan berkoordinasi dengan pasien/keluarga untuk mendapatkan informasi daftar rohaniawan yang bisa memberikan pelayanan rohani bagi pasien.

Tata laksana pelayanan kerohanian bagi pasien, antara lain :

  1. Pasien/keluarga melapor ke perawat ruangan jika ingin mendapatkan pelayanan kerohanian dengan mengisi form permintaan pelayanan kerohanian.
  2. Ka. Ruangan menghubungi rohaniawan yang dimaksud.
  3. Rohaniawan menemui pasien dengan diantar oleh perawat ruangan

Pelayanan kerohanian ini tidak dipungut biaya. Akan tetapi jika pasien ingin memberikan biaya secara sukarela dipersilahkan langsung kepada rohaniawan tersebut. Dengan adanya pelayanan kerohanian di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini diharapkan pasien maupun keluarga yang berkunjung mendapatkan pemahaman kerohanian dan tentunya sehat jasmani dan rohani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *