Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440H/2018 di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo

Pada hari Jum’at, 07 Desember 2018 Pukul 08.00 WIB, bertempat di Musholla Asyifa’ RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad, SAW bersama Guru H. Ahmad Sofyan Arifin (Imam Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin) diikuti oleh staf RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dan keluarga pasien yang berkunjung ke RSUD.

Dijelaskan Arti maulid nabi sama halnya dengan milad yang artinya hari lahir. Jadi, maulid nabi bisa diartikan sebagai hari lahir baginda rasulullah Nabi Muhammad SAW. Seperti hari kelahiran pada umumnya yang dirayakan dengan ulang tahun atau birthday, maulid nabi dirayakan dengan tujuan memperingati ulang tahun kelahiran tokoh besar umat Islam, yakni Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Dengan adanya peringatan maulid nabi, umat Islam diharapkan bisa mengingat kembali betapa gigih perjuangan rasul dalam merintis dan mengembangkan ajaran Islam di tengah tradisi dan budaya Arab yang waktu itu dalam keadaan jahiliyah.

Satu hal yang harus dilakukan umat Muslim ketika merayakan maulid nabi adalah meneladani sikap dan perbuatan, terutama akhlak mulia nan agung dari baginda nabi besar Muhammad saw.

Bukan hanya seremonial belaka, perayaan itu mestinya diresapi dalam hati yang begitu dalam dan mencoba untuk meneladani dan mempraktikkan akhlak mulia dari nabi.

Saat melontarkan pujian-pujian dan sholawat yang begitu menggebu-gebu, hendaknya tidak hanya ditujukan kepada fisik maupun keduniawiannya saja tetapi juga akhlak nabi yang begitu agung dan mulia.

Dalam hal ibadah, akhlak mulia dan agung dari nabi itulah yang harus ditiru, dicontoh dan diteladani. Padahal kita tahu, Islam sebagai agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW adalah rahmatan lil alamin.

Artinya, Islam membawa rahmat bagi alam semesta, bukan hanya umat Muslim saja atau manusia saja, tetapi semua makhluk seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, dan alamnya.

Hikmah dalam peringatan maulid ini memiliki nilai persatuan dan kesatuan akan terjalin dengan berkumpul bersama dalam rangka bermaulid dan bershalawat maupun berdzikir. Selain itu juga bermanfaat untuk memberikan kesehatan rohani bagi seluruh karyawan RSUD Kapuas yang muslim supaya selalu bekerja secara tekun dan ikhlas melayani masyarakat Kabupaten Kapuas sesuai dengan perilaku dan tuntunan ajaran Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan memperingati Maulid Baginda Nabi Muhammad SAW kita dapat memetik nilai-nilai positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *