Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh Nurdiana, S.Kep dan Tim PKRS dengan Materi “Kebersihan Tangan (Hand Hygiene)”.

Pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 bertempat di ruang tunggu Poliklinik Rawat Jalan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh Nurdiana, S.Kep dan Tim PKRS dengan Materi “Kebersihan Tangan (Hand Hygiene)”.                

 

Ibu Nurdiana menjelaskan bahwa Hand Hygiene ( kebersihan tangan) adalah membersihkan tangan dengan menggunakan sabun / antiseptik dibawah air mengalir atau dengan menggunakan handrub. Mencuci tangan di air mengalir jika tangan terlihat kotor dan cairan berbahan dasar alkohol jika tangan tidak tampak kotor. Hal penting dalam Hand Hygiene :

  • Jaga kuku selalu pendek dan bersih, Jangan memakai perhiasan,kuku palsu, cuteks.
  • Pilih sabun antiseptik yang bersifat rendah iritatif.
  • Tangan harus benar kering sebelum menyentuh pasien atau lingkungan /peralatan pasien.
  • Lotion meminimalisir iritasi dermatitis         

         

 

 

 

 

 

   

 

 

   

 

Siapa yang wajib melakukan hand hygiene? Setiap orang yang bekerja dan berada di Rumah Sakit atau Fasiltas Pelayanan Kesehatan. Mintalah Petugas Kesehatan untuk mencuci tangan. Lindungi diri anda dengan melakukan hal ini : 1. Cuci tangan anda dan mintalah orang disekitar anda untuk melakukan hal yang sama 2. Jangan ragu untuk meminta petugas kesehatan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh anda 3. Mintalah keluarga anda untuk mencuci tangan Sebelum melakukan kebersihan tangan pastikan asesoris cincin, termasuk cincin kawin, gelang, arloji, tidak dipakaiKebersihan tangan yang baik  terbukti dapat menurunkan   insiden Infeksi Rumah Sakit. cntoh cairan hand rub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *